Taman Baca PATBM Cenang Budayakan Membaca Buku - DESA CENANG

CENANG NEWS

Post Top Ad

header ads

Rabu, 28 Maret 2018

Taman Baca PATBM Cenang Budayakan Membaca Buku

CENANG (desacenang.id)- Menanamkan budaya gemar membaca pada anak-anak sangatlah penting. Membaca buku khususnya merupakan salah satu cara menambah wawasan, baik ilmu pengetahuan dan teknologi, sosial, budaya, politik, wirausaha, dan pengetahuan lainnya. Di jaman sekarang ini, memang membaca tidak hanya lewat buku. Bisa lewat media elektronik. Namun, bagi anak-anak membaca buku adalah hal yang sangat penting.
 
Meskipun pada kenyataannya, anak-anak sekarang lebih suka bermain game hp. Membaca buku dianggap hal yang membosankan. Tidak ada lagi hobi untuk membaca.
 
Melihat fenomena ini, Pemerintah Desa Cenang bekerjasama dengan Perlidungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) membuka taman baca di Balai Desa Cenang Kecamatan Songgom Kabupaten Brebes.
 
Ketika dihubungi, Sahirman mewakili Pemdes Cenang dan Ketua PATBM menerangkan alasan didirikannya taman baca ini (Rabu, 28/3/2018).

" Zaman sekarang anak-anak lebih suka main hp dibanding membaca. Maka dari itu, kami mendirikan taman baca ini supaya anak-anak khususnya lebih gemar membaca buku. Sebenarnya taman ini tidak hanya untuk anak-anak saja, siapapun masyarakat desa cenang yang ingin membaca disini kami perbolehkan. Sambil menunggu layanan desa, masyarakat bisa membaca buku yang disediakan," ujar Sahir.

Sahir menambahkan,  taman baca PATBM ini merupakan hasil realisasi musrembangdes tahun 2016 dengan menggunakan Dana Desa tahun 2017.

"Taman baca ini milik kita bersama karena menggunakan dana desa. Untuk itu, perlu dikelola r pula.Buku yang ada di taman baca ini berbagai macam, misalnya cerita nabi dan rosul, dongeng, sejarah brebes, dan lainnya", tegas Sahir.

Sementara itu, sepulang sekolah terlihat anak-anak sedang membaca buku di taman baca PATBM.

"Saya senang baca buku disini, bukunya ada gambarnya juga dan lucu", ungkap salah satu anak. (JN / kontributor Sahirman)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

header ads